Selasa, 27 April 2010

Jangan Cepat Takut dan Khawatir

Selasa, 27 April 2010 |
Alkisah, seorang pembuat jam tangan berkata kepada jam yang sedang dibuatnya. “Hai jam, apakah kamu sanggup untuk berdetak paling tidak 31,104,000 kali selama setahun?” “Ha?,” kata jam terperanjat, “Mana sanggup saya?” “Bagaimana kalau 86,400 kali dalam sehari?” “Delapan puluh enam ribu empat ratus kali? Dengan jarum yang ramping-ramping seperti ini?” jawab jam penuh keraguan. “Bagaimana kalau 3,600 kali dalam satu jam?” “Dalam satu jam Rata Penuhharus berdetak 3,600 kali? Banyak sekali itu” tetap saja jam ragu-ragu dengan kemampuan dirinya.
Tukang jam itu dengan penuh kesabaran kemudian bicara kepada si jam. “Kalau begitu, sanggupkah kamu berdetak satu kali setiap detik?” “Naaaa, kalau begitu, aku sanggup!” kata jam dengan penuh antusias.
Maka, setelah selesai dibuat, jam itu berdetak satu kali setiap detik. Tanpa terasa, detik demi detik terus berlalu dan jam itu sungguh luar biasa karena ternyata selama satu tahun penuh dia telah berdetak tanpa henti. Dan itu berarti ia telah berdetak sebanyak 31,104,000 kali.
Renungan :
Jangan takut. Takut adalah hal paling berbahaya di dunia (Hugh Walpole) kalimat ini adalah pelajaran pertama yang perlu kita ambil dari kisah sederhana yang penuh hikmah, karena rasa takut itu jam hampir saja tidak bisa mengeluarkan potensi yg ada pada dirinya karena membayangkan sesuatu yang besar, ini lah yang sering terjadi dalam kehidupan kita, kita sering enggan melakukan sesuatu yang sebenarnya bisa kita lakukan yang disebabkan oleh karena kita sering mendramatisi keadaan dan membangun kekhawatiran yg berlebihan sehingga kita menjadi pakar dalam mempersulit kehidupan kita sendiri.
Apa yang sulit? Karena “waktu sulit tidak berkepanjangan tetapi manusia tabah tetap kekal” ini adalah salah satu pesan dari Dr. Robert Schuller yang perlu kita jadikan sebagai motivasi dalam hidup ini karena salah satu aspek yang paling penting dan mudah dalam belajar untuk menghadapi apa yang mungkin terjadi sekarang, daripada khawatir terhadap apa yang akan terjadi pada masa mendatang. Sebagian kita lebih banyak menghabiskan waktu memikirkan masa lalu dan masa yang akan datang dan bahkan sering sekali kita lupa untuk memikirkan waktu sekarang. Ini adalah satu yang hal yang memalukan karena masa lalu tidak bisa diubah dan masa depan tidak bisa kita ketahui masa sekarang inilah yang kita punya. Pesannya lakukanlah apa yang bisa dan mesti kita lakukan walaupun itu kecil dan sederhana teruskan dengan pertanyaan “apa lagi??” setelah itu betapa luar biasanya hasil dari usaha kita.
Ada kalanya kita ragu-ragu dengan segala tugas pekerjaan yang begitu terasa berat. Namun sebenarnya kalau kita sudah menjalankannya, kita ternyata mampu. Bahkan yang semula kita anggap impossible untuk dilakukan sekalipun. Itu tergantung bagaimana kita menyiasati pekerjaan dan tugas kita, bila kita bisa bagi2 menjadi fragmen-fragmen yang kecil
Jangan berkata “tidak” sebelum Anda pernah mencobanya.
Ambil Peluang dan raih impian Anda lebih cepat....!!!
(berbagai sumber)


Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar


Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Smart, happy

Saca Firmansyah

Wilayah Pengunjung